Faktor-Faktor Penyebab Perkembangan Provinsi di Indonesia

Faktor-faktor penyebab perkembangan provinsi di Indonesia
Perkembangan Provinsi di Indonesia
Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Galeri Madrasah pada artikel sebelumnya yang berjudul Provinsi Pertama dan Gubernur Pertama di Indonesia, bahwa pada masa awal terbentuknya negara Indonesia terdiri atas delapan provinsi. Namun sesuai dengan adanya perkembangan kehidupan bangsa Indonesia khususnya dalam perkembangan di bidang pemerintahan, maka jumlah provinsi di Indonesia mengalami  perkembangan. Hal ini terjadi karena untuk mempermudah sistem administrasi kenegaraan. Oleh karena itu sampai pada tahun 1999 provinsi yang ada di Indonesia berkembang menjadi 27. Dua provinsi yang terakhir terbentuk adalah Irian Barat (Papua) yang resmi masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1963 dan Timor Timur yang resmi bergabung dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1976.

Secara khusus faktor-faktor penyebab perkembangan provinsi di Indonesia adalah sebagai berikut;
  1. Sebagai upaya untuk mempermudah sistem administrasi kenegaraan.
  2. Wujud keberhasilan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kembali daerah yang masih di bawah kekuasaan penjajahan Belanda, contohnya Irian Barat atau Papua
  3. Bentuk usaha diplomasi untuk menerima wilayah lain untuk masuk ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, misalnya Timor Timur. Tetapi dengan adanya jajak pendapat tanggal 30 Agustus 1999 yang menunjukkan bahwa sebagian rakyat Timor Timur memilih untuk merdeka, oleh karena itu Timor Timur melepaskan diri kembali dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Sebagai kelanjutan dari UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, di mana di dalamnya diatur bahwa penyelenggaraan pemerintahan dititikberatkan pada daerah atau yang dikenal dengan istilah desentralisasi. Dampak dari kebijakan ini adalah pemerintah daerah diberi kekuasaan untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri, maka dari itu muncullah provinsi-provinsi baru.
Demikianlah tulisan tentang faktor-faktor penyebab perkembangan provinsi di Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung Galeri Madrasah sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor-Faktor Penyebab Perkembangan Provinsi di Indonesia"

Post a Comment