Provinsi Pertama dan Gubernur Pertama di Indonesia

8 provinsi dan gubernur pertama di Indonesia
Provinsi di Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan. Pulau-pulau yang dimiliki Indonesia jumlahnya ribuan, kurang lebih sekitar 17.506 pulau terdapat di Indonesia. Tentunya pulau-pulau tersebut terdiri dari pulau besar dan kecil. Pulau-pulau besar misalnya Jawa, Kalimantan, Sumatra, Irian, dan Sulawesi. Sedangkan pulau-pulau kecil seperti pulau Bali, Lombok, Madura, Karimunjawa, dan lain sebagainya.
Secara administratif Indonesia terdiri atas pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Masing-masing pemerintah dipimpin oleh seorang kepala pemerintahan. Adapun pemimpin pemerintah pusat adalah presiden. Sedangkan pemerintah daerah terdiri atas pemerintah provinsi yang dipimpin oleh seorang gubernur, pemerintah kabupaten atau kota dipimpin oleh bupati atau walikota, pemerintah kecamatan dipimpin oleh seorang camat, serta pemerintahan desa atau kelurahan dipimpin oleh seorang kepala desa atau lurah.
Pada tahun 1945, sesaat setelah Indonesia merdeka, Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi. Berikut ini adalah nama-nama provinsi pertama beserta nama-nama gubernur pertama di Indonesia :
  1. Provinsi Sumatra dengan gubernur pertamanya Mr. Teuku Mohammad Hasan
  2. Provinsi Jawa Barat dengan gubernur pertamanya Sutardjo Kartohadikusuma
  3. Provinsi Jawa Tengah dengan gubernur pertamanya R. Panji Soeroso
  4. Provinsi Jawa Timur dengan gubernur pertamanya R.A. Soerjo
  5. Provinsi Maluku dengan gubernur pertamanya Mr. J. Latuharhari
  6. Provinsi Kalimantan yang dulu disebut Borneo dengan gubernur pertamanya Ir. Pangeran Mohammad Noor
  7. Provinsi Sulawesi dengan gubernur pertamanya Dr. G.S.S.J. Ratulangi
  8. Provinsi Nusa Tenggara atau sering disebut Sunda Kecil dengan gubernur pertamanya Mr. I Gusti Ketut Pudja
Provinsi-provinsi pertama beserta gubernurnya tersebut ditetapkan dalam sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 19 Agustus 1945, tepatnya dua hari setelah Indonesia merdeka.
Dalam perkembangan selanjutnya jumlah provinsi di Indonesia mengalami perubahan, hal ini dikarenakan beberapa provinsi di Indonesia mengalami pemekaran. Selain itu ada pula wilayah yang memisahkan diri dari Indonesia. Untuk lebih jelasnya mengenai Perkembangan Jumlah Provinsi di Indonesia, bacalah tulisan pada link tersebut.
Demikian artikel tentang Provinsi Pertama dan Gubernur Pertama di Indonesia.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Provinsi Pertama dan Gubernur Pertama di Indonesia"

Post a Comment