Dalil tentang Hidup Sederhana

Sahabat Ikhlas Beramal yang dimuliakan Allah.
Hidup sederhana merupakan salah satu ajaran Islam. Sederhana tidak berarti kikir. Sederhana adalah menggunakan sesuatu sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Banyak ayat Al Quran yang mengajarkan kita untuk hidup sederhana, antara lain adalah ayat-ayat berikut ini.

Surat Al Qasas Ayat 79

Artinya:
Maka keluarlah Qarun pada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “semoga kita memiliki sebagaimana yang telah diberikan kepada Qarun. Sesungguhnya ia benar-benar memiliki keberuntungan yang besar.
Pada ayat di atas Allah telah dikisahkan bahwa suatu saat Qarun keluar dalam sebuah iring-iringan yang diikuti oleh para pengawal, hamba sahaya, serta para abdinya untuk memperlihatkan kemegahan yang dia miliki kepada kaumnya. Pemandangan tersebut membuat kaumnya mengidahamkan apa yang telah dimiliki Qarun.

Surat Al Qasas ayat 82

Artinya:
Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Qarun itu berkata, “Aduhai, benarlah Allah melapangkan rizki bagi siapa saja yang dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya. Kalua Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita. Aduhai, benar-benar tidak beruntung orang yang mengingkari nikmat Allah.
Melalui ayat ini Allah bercerita tentang akhir dari orang-orang yang mengharapkan kedudukan dan harta sebagaimana yang dimiliki Qarun.

Kedua ayat di atas menjelaskan bahwa umat Islam dilarang hidup dalam kemewahan dan memamerkan harta kekayaan serta kedudukan yang dimiliki kepada orang lain. Kita tidak usah silau dengan harta benda dan kedudukan yang dimiliki orang lain sebab semuanya merupakan karunia Allah. Dia berkuasa untuk melapangkan maupun menyempitkan rizki siapa saja yang dikehendaki.
Namun demikian, sederhana tidak dapat diartikan dengan tidak peduli sama sekali dengan kekayaan. Hidup di dunia ini butuh harta benda untuk makan, membeli pakaian, membangun tempat tinggal, kebutuhan pendidikan, beramal, ibadah haji, ibadah qurban, dan lain sebagainya. Terkait dengan hal ini Allah telah berfirman dalam Al Quran.

Artinya:
Dan carilah pada apa yang dianugerahkan Allah kepadamu kebahagiaan negeri akherat dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari kenikmatan duniawi.
Allah membolehkan manusia mengenakan pakaian yang indah dan makanan yang enak, namun tidak boleh berlebihan.  Perintah dan larangan ini terdapat dalam ayat Al Quran berikut.

Al A’raf ayat 31

Artinya:
Pakailah pakaiannmu yang indah setiap memasuki masjid, makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan.

Perlu diketahui bahwa setiap manusia dapat menikmati keindahan dan kenikmatan dunia. Adapun keindahan dan kenikmatan akherat hanya diperuntukkan bagi orang-orang mukmin sebagai balasan dari keimanan mereka.
Demikian artikel mengenai dalil tentang hidup sederhana.
Wallahu a’lam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dalil tentang Hidup Sederhana"

Post a Comment